Monday, April 9, 2012

Eadweard James Muybridge - Sang Pelopor Sinematografi di Google Doodle


Pagi ini, saat saya membuka Google ada logo menarik yang membuat saya penasaran. Logo Google yang disebut Google Doodle, pada hari ini, 09 April 2012 itu tergambar 21 kotak terdiri dari 3 baris 7 kolom, yang berisi gambar orang yang menunggang kuda dengan posisi kaki kuda yang berbeda-beda.Pada  baris ke-2 kolom ke-4 terdapat gambar play. saat gambar play dengan latar berwarna kuning itu diklik, ternyata gambar itu bergerak mengubah posisinya, dan kuda itu seperti mulai berjalan dan lari kencang tanpa berhenti. Setelah gambar saya klik lagi, google mengarahkan pada keyword Eadweard J. Muybridge. Siapakah sebenarnya Eadweard J. Muybridge itu, sampai dia dibuat menjadi Google Doodle.


Google Doodle biasanya menampilkan sesuatu yang spesial ditanggal tertentu. Kadang menggambarkan hari-hari bersejarah, hari spesial, maupun orang yang spesial pada tanggal tersebut. Hari ini Eadweard J. Muybridge yang menjadi Google Doodle.

Eadweard J. Muybridge yang terlahir dengan nama Edward James Muggeridge adalah seorang fotografer asal Inggris keturunan Belanda yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di Amerika Serikat. Beliau lahir pada tanggal 9 April 1830 dan itu berarti saat ini merupakan peringatan kelahirannya yang ke 182. Karena kemampuan yang dia miliki, Edward James Muggeridge dikenal sebagai pelopor Sinematografi/ gambar bergerak dan juga sebagai pencipta pencipta zoopraxiscope - sebuah variasi awal proyektor film atau lebih tepatnya adalah Zoopraxiscope adalah disk melingkar dengan urutan gambar dan ketika disk diputar memberikan kesan gerak.

Kuda berlari, yang juga menjadi inspirasi di balik Eadweard J Muybridge Google doodle ternyata merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh Eadweard J Muybridge yang disebut Sallie Gardner at a Gallop atau The Horse in Motion tentang apakah keempat kaki kuda diangkat secara bersamaan selama berlari?
Untuk menjawabnya,  Muybridge menggunakan serangkaian kamera besar dengan pelat kaca yang posisinya sebaris, masing-masing pelat kaca tersebut dipicu oleh hentakan saat kaki kuda melewatinya. Foto kaki kuda tersebut kemudian disalin dalam bentuk siluet ke dalam disk dan diamati dengan menggunakan mesin yang disebut Zoopraxiscope.

Siapakah Pemilik kuda dan Penunggangnya? Kuda yang digunakan Muybridge untuk diteliti adalah kuda betina bernama Sallie Gardner milik Leland Stanford, seorang mantan gubernur California sekaligus pengusaha pacuan kuda. Kuda itu ditunggangi oleh seorang joki bernama Domm.

Nah, Penasaran tentang dibalik cerita google Doodle hari ini sudah terjawab. Tapi ternyata ada satu hal lagi yang membuat saya penasaran yaitu teknologi apa yang dipakai Google untuk membuat gambar itu bergerak pada browser? yang tahu, silahkan komentar ya...

Inilah Tampilan Google Doodle pada 09 April 2012





2 comments

menurut aku itu pake css3 deh mbak.. tapi nggak tau bikinnya kek gimana..hehe :)

wah, begitu ya. saya belum paham tentang CSS3. perlu belajar nich..


EmoticonEmoticon