Thursday, May 14, 2015

How To : Membersihkan Tuntas Virus Shorcut di Laptop dan Flashdisk

Apakah Anda pernah mendapati saat flashdisk di colokkan pada laptop, semua file yang ada dalam flashdisk berubah menjadi shortcut? Nah, itu pertanda bahwa flashdisk atau laptop sedang terjangkiti suatu virus . Akan tetapi jangan khawatir kali ini saya akan berbagi bagaimana membersihkan virus shortcut di laptop dan flashdisk secara tuntas berdasarkan pengalaman saya.

Dalam membersihkan virus shortcut ini, kadang bisa langsung menggunakan antivirus, akan tetapi kalau antivirus yang Anda miliki tidak update bisa saja virus shortcut ini tidak dideteksi oleh antivirus apalagi kalau laptopnya sudah ikut terjangkiti.

Untuk kali ini cara yang saya gunakan tidak menggunakan tool apapun atau kita sebut saja pemberantasan virus secara manual. Berikut ini cara yang saya gunakan dalam membersihkan tuntas virus shortcut di laptop dan flashdisk:

Sebelum mengikuti langkah-langkah berikut, pastikan flashdisk yang terkena virus dicolokkan pada laptop.


  1. Hal pertama yang dilakukan adalah menampilkan semua file hidden pada windows. Jika Anda belum tahu cara menampilkan file hidden pada windows, silahkan baca caranya artikel saya tentang cara menampilan file hidden pada windows 7.
  2. Setelah semua file hidden berhasil ditampilkan lihat pada flashdisk, disitu pasti ada file yang mencurigakan bertipe .vbs . inilah file utama virus. File ini bisa bernama file yang berbeda-beda. Pada flashdisk yang saya bersihkan nama filenya adalah bfxdbfqwym..vbs. Gambar filenya seperti berikut:



  3. Ingat-ingat nama file virus ini atau catat nama filenya menggunakan notepad. Karena nama file ini yang akan kita cari sedunia laptop. ;)  
    Setelah mengetahui nama file virus, Silahkan flashdisk dicabut terlebih dahulu. Buka windows task manager, cari proses wscript.exe kemudian hentikan proses ini. 



  4. Buka Registry dan buka pada \HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run disitu akan ada key dengan nama file virus tanpa ..vbs . Hapuslah key tersebut.


  5. Klik untuk memperbesar gambar



  6. Cari nama file bfxdbfqwym..vbs pada laptop. File induk virus ini biasanya terdapat C:\Users\nama_user\AppData\Local\Temp dan pada C:\Users\arfi.asta\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup . Setelah ketemu silahkan hapus semua filenya.

  7. klik untuk memperbesar gambar


    Pada tahap ini virus sudah hilang di dalam laptop. Akan tetapi masih ada kemungkinan akan terinfeksi jika flashdisk yang terjangkiti dicolokkan kembali. Untuk itu diperlukan langkah selanjutnya agar laptop anda aman dari menyebarnya virus shortcut melalui flashdisk.

  8. Agar laptop selanjutnya aman dari tersebarnya virus, yang dilakukan adalah mematikan autoplay pada laptop. Cara mematikan autoplay silahkan baca artikel tentang cara mematikan autoplay pada windows 7.

  9. Setelah autoplay di matikan, restart laptop. Ketika laptop sudah menyala kembali colokkan flashdisk dan hapus semua file  dan folder yang berbentuk shortcut serta bfxdbfqwym..vbs sehingga flashdisk kelihatan kosong. Jangan khawatir, file asli yang di dalam tidak hilang. melainkan dia terhidden. Untuk mengembalikan agar file tidak terhidden, buka cmd lalu ketikkan drive flashdisk, misalkan  flashdisk ada di drive F maka ketik f: kemudian tekan Enter. Setelah itu ketik: attrib -s -h -a /s /d untuk menampilkan kembali file yang terhidden tadi.




Sekian share kali ini tentang membasmi tuntas virus shortcut di laptop dan flashdisk, semoga bermanfaat :)




6 comments

Terima kasih atas kunjungannya. :)

Zaman skrng juga masih eksis aja virus ini. :D

So what precisely is in these correlations? New dangers develop nearly on everyday schedule, and there for it is fundamental for security programming that it upgrades the infection definitions routinely. Besides, the convenience without having the requirement for any specialized learning or need to contact support is additionally essential. zepto virus removal tool


EmoticonEmoticon